Adidas Tango 12, Bola Resmi Euro 2012


Setelah di dua penyelenggaraan sebelumnya melakukan perubahan revolusioner, bola resmi Euro 2012 kembali ke desain ikon Adidas selaku pemilik hak penyedia. Itulah yang langsung tersirat setelah Adidas Tango 12 secara formal diperkenalkan ke khalayak ramai sebagai bola resmi Euro 2012.

Mendapat kesempatan memperkenalkan bola Adidas Tango 12 tersebut yakni legenda olahraga mantan atlet lompat galah Ukraina Sergei Bubka jelang berlangsungnya undian putaran final Euro 2012 di Palace of Arts, Kiev, Jumat (3/12) waktu setempat. Nama Tango sebelumnya pernah digunakan di tiga perhelatan serupa—Tango River Plate (Italia, 1980), Tango Mundial (Prancis, 1984), dan Tango Europa (Jerman Barat, 1988).

Adidas Tango 12 menampilkan kesan modern dari desain klasik, termasuk menyuguhkan warna yang menjadi bendera kedua negara tuan rumah, Polandia dan Ukraina. Bola ini diklaim menjalani pengembangan dua tahun dan telah diuji berbagai lapisan pemain, mulai dari pemain muda, amatir, hingga profesional di delapan negara.

Adidas Tango 12
Berbicara jelang pengundian, pelatih Timnas Spanyol berkata: “Ada banyak faktor pendukung dalam mengembangkan seorang pesepakbola menjadi pemain andal dan tentu salah satunya bola berkualitas.” Presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) Angel Maria Villar Llona menambahkan, Adidas Tango 12 merupakan bola yang baik dan memiliki nama spesial, Tango, dansa berpasangan yang memiliki koneksi pas bagi sepakbola.

Seluruh peserta Euro 2012 akan mendapat jatah 30 bola Adidas Tango 12 mulai minggu depan yang bisa digunakan untuk berlatih dan pertandingan resmi persahabatan. Tango 12 akan digunakan pertama kali di kejuaraan paling bergengsi antarnegara di Eropa ini pada partai pembuka di Warsawa, Jumat, 8 Juni 2012.

Sumber : bola.liputan6.com