cerita-asyik13 : Pesta Adat Ini Kurbankan Ribuan Ayam


Pesta adat "Macera Manurung" yang biasa dikenal sebagai acara menyembelih hewan ternak untuk dipersembahkan kepada To Manurung (Raja atau pemimpin berabad-abad lalu) digelar di Desa Mata Kali, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Acara yang dihadiri oleh 12 orang kepala desa tetangga, ini berlangsung sangat meriah. Tokoh adat Mata Kali, Nurdin Pacci mengatakan acara yang dilakukan sekali dalam dua tahun ini memberi kesempatak kepada warga Mata Kali untuk mempersembahkan ternak mereka.

Maccra Manurung juga digelar untuk membersihkan sejumlah benda pusaka To Manurung. "Sejumlah benda pusaka To Manurung dibersihkan, misalnya badik, parang dan tombak," kata Nurdin.

Dalam dua tahun sekali, warga Mata Kali, membawa persembahan berupa ribuan ayam, puluhan ekor kambing dan sapi, serta tedong bonga (kerbau belang), untuk disembelih dan dipersembahkan. "Selebihnya dimasak dan dimakan bersama warga serta para undangan," ujar Nurdin Pacci, Selasa (9/10/2012).

Guna mengikuti acara ini, warga harus antre saat membawa hewan ternak mereka kepada sejumlah pemangku adat Desa Mata Kali, yang menyembelih hewan. Penyembelihan Hewan ini biasanya berlangsung pagi hingga sore hari. "Per orang yang sudah dewasa, biasanya membawa lima sampai 10 ekor ayam. Untuk kambing, sapi dan kerbau hanya untuk warga yang mampu," kata Nurdin.