cerita-asyik13 : The Antilia, Pulau dengan 7 Kota yang Misterius


Manusia sudah menjelajahi antariksa yang tak tahu dimana batasnya denganberjuta misteri, tetapi di bumi sendiri masih banyak sekali tempat misterius yang hingga kini belum diketahui keberadaannya, contohnya Antilia, sebuah pulau misterius yang hanya terdapat 7 kota.

Sama seperti Atlantis, Antilia adalah sebuah pulau misterius yang dipercaya pernah ada dimuka bumi, namun sekarang keberadaannya tak dapat ditemukan dan menjadi misterius.


Dalam sebuah legenda, Antilia adalah sebuah pulau yang terkenal sekitar abad ke 14-15. Tempat yang dipercaya sebagai Antilia, terletak diantara perairan sebelah barat Spanyol dan Portugal. Pulau ini dikenal juga dengan 7 kota atau ilha das sete cidades dalam bahasa Portugal. Cerita mengenai Antilia berasal dari semenanjung Iberia yang dimulai sejak tahun 714, ketika muslim baru memasuki daratan Spanyol. Saat itu 7 pendeta visigothic melarikan diri dengan kapal dan berayar ke barat samudera atlantik yang kemudian mendarat disebuah pulau dan mendirikan 7 pemu****n.


Keberadaan legenda ini mulai terkenal pada awal 1400an, tercatat pada map portolan yang dibuat oleh Zuane Pizzigano, seorang kartografer dari venezia Itali. Terdapat 2 pulau berbentuk segi empat disebelah barat Spanyol.

Setelah tahun 1942, daerah utara Samudera atlantuk mulaisecara rutin dilayani oleh para pelaut. Hal ini membuat samudera ini menjadi lebih akurat dipetakan dengan data-data dari para pelaut saat itu. Dan yang paling aneh, hampir semua peta yang ada pada saat itu mencantumkan sebuah pulau segi empat yang dipercaya sebagai Antilia. Ada lebih dai 20 peta yang menunjukkan pulau misterius ini.

1. peta Zuane Pizzigano dari Venezia
2. peta Battista Beccario dari Genoa
3. peta Andrea Bianco dari Venezia
4. peta Bartolomeo Pareto Genoa
5. peta Grazioso Benincasa dari Ancona
6. peta Pedro Roselli dari Majorca
7. peta Pedro Roselli
8. peta Grazioso Benincasa
9. peta Cristoforo Soligo Venesia
10. peta Andrea Benincasa dari Ancona

dan masih banyak petunjuk dari peta-peta lainnya.
Meskipun nama yang dicantumkan dalam peta itu berbeda-beda, tetapi ada beberapa kemiripan arti nama, tempat dan deskripsi yang menunjukkan sebuah pulau dengan 7 kota. Nama ketujuh kota tersebut adalah Aira, Antuab, Ansalli, Anseselli, Ansod, Ansolli dan Cod.


Johanes Ruysch menjelaskan "Pulau Antilia pernah dikunjungi orang-orang portugis, tapi saat ini jika dicari, tidak akan diketemukan. Orang-orang di pulau itu berbicara bahasa Spanyol dan dipercaya melarikan diri dari invasi saat itu, saat kekaisaran Raja Roderic."