Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat-Obatan


Migrain. Banyak orang yang mengalaminya, termasuk saya. Tetapi sedikit yang tahu bahwa ternyata migrain bisa diatasi tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia. Beberapa bahan alami dibawah ini bisa digunakan untuk mengatasi migrain yang melanda. 

1. Magnesium
Berdasarkan penelitian Alexander Mauskop, M.D., pakar neurologi dan direktur serta pendiri New York Headache Center, penderita migrain seringkali kekurangan magnesium dalam tubuhnya.

Satu studi menemukan konsumsi suplemen magnesium harian mengurangi frekuensi migrain hingga 42 persen. Namun menurut Mauskop, beberapa orang mengalami kesulitan menyerap magnesium sehingga memunculkan efek samping berupa diare, namun secara keseluruhan suplemen magnesium dianggap aman dengan dosis 200 miligram perhari. Contoh makanan yang banyak mengandung magnesium antara lain ikan, pisang, alpukat,

2. Riboflavin

Riboflamin atau vitamin B yang bisa ditemukan secara alami dalam bahan makanan seperti susu, daging, kacang-kacangan dan sayuran hijau telah terbukti mampu mencegah migrain namun dalam dosis yang sangat tinggi sehingga membutuhkan resep dokter. Hal ini diungkap dalam sebuah studi pada tahun 1998.


3. Jahe

Rempah-rempah ini telah lama dikenal mampu mengatasi gangguan pada perut dan meredakan mual akibat migrain, terang Mauskop. Berkat sifatnya yang anti-peradangan, jahe juga bisa meredakan nyeri akibat migrain.


4. Akupunktur

Ada berbagai riset yang pro dan kontra terkait manfaat pengobatan China kuno terhadap migrain.

Para pendukungnya mempertahankan argumen dengan mengatakan bahwa jarum-jarum yang dipakai dalam akupunktur tersebut memicu senyawa-senyawa kimia pereda nyeri dalam tubuh, namun akupunktur dianggap terlalu banyak makan waktu dan mahal, kata Mauskop.

Alternatifnya mungkin akupresur, lanjut Mauskop. Coba tekanlah ruang berselaput antara ibu jari dan jari telunjuk. Mungkin manfaatnya hanya terasa dalam waktu singkat, tetapi hal ini bisa membantu meredakan nyeri.


5. Kafein
"Kafein adalah pedang bermata dua," kata Mauskop. Jika Anda terlalu bergantung pada beberapa cangkir kopi dalam sehari (atau dosis pengobatan sakit kepala tertentu yang diformulasikan dengan kafein) maka Anda akan cenderung mengalami sakit kepala jika dosis kopinya dikurangi. Namun kafein dalam dosis kecil bisa cukup membantu mengurangi nyeri migrain.


Nah, silahkan dicoba beberapa bahan alami diatas untuk mengatasi migrain tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia.