5 Barang Aneh Yang Pernah Dilelang Secara Online

 Apabila orang Amerika Serikat mengenal eBay sebagai situs lelang dan jual beli online. Orang Jepang lebih mengenal Auctions Yahoo!Japan.

Selain sebagai pusat industri dan munculnya barang-barang elektronik yang sangat inovatif, terkadang orang Jepang juga mempunyai pemikiran yang lucu sekaligus aneh.

Dari banyaknya barang yang dipamerkan secara online di Auctions Yahoo!Japan, ada beberapa barang dan 'barang' yang ikut dilelang. Sedikitnya ada 6 barang dan 'barang' yang dilelang di sana.

1. Manusia
 Pada bulan November lalu, ada seorang laki-laki yang melelang dirinya sendiri di Auctions Yahoo!Japan tersebut. Dia mempersilakan siapa saja memiliki tubuh dan jiwanya dengan harga JPY 8000 (RP 900 ribuan) yang akhirnya turun menjadi JPY 600 (Rp 700 ribuan) karena tidak laku di hari pertama. Dan, tentu saja, sampai di hari ketiga atau hari terakhir lelang, dia tetap tidak laku. Siapa juga yang mau beli?

2. Tengkorak manusia
 Pada tanggal 26 September telah dibuka lelang di Auctions Yahoo!Japan dengan barang lelang berupa tengkorak manusia. Karena di Auctions Yahoo!Japan tidak ada aturan yang membatasi siapa saja yang mau melelang sesuatu maka, benda-benda aneh seperti halnya tengkorak ini juga ikut dilelang.

Menurut pemiliknya, tengkorak tersebut adalah kepunyaan seorang dokter gigi yang digunakan sebagai obyek praktik. Sayangnya, tidak ada penjelasan tentang siapa nama manusia yang akhirnya tengkoraknya dilelang tersebut.

3. Walkman termahal sedunia
 Tentunya apabila melihat harga yang ditawarkan untuk sebuah Walkman ini, Anda akan terkejut. Sang pemiliki Walkman menawarkan pemutar musik portabel ini dengan harga yang sangat fantastis yaitu sebesar JPY 368.000 (Rp 42 jutaan). Harga tersebut sangat jauh di atas harga aslinya.

Alasan kenapa Walkman tersebut dijual dengan harga tinggi karena pemutar musik portabel yang memiliki desain theme Hatsune Miku dan hanya diproduksi sebanyak 3.939 unit tersebut memiliki serial number 3939. Tentu saja, harga dan alasan tersebut menjadi bahan tertawaan para pengikut lelang lainnya.

4. Rumah berusia 150 tahun
 Sebuah rumah berusia 150 tahun dengan desain yang masih asli di Kujishi, Iwate, dilelang dengan harga yang cukup murah. Bahkan harga lelang rumah tersebut masih lebih murah dibanding harga sebungkus rokok. Apabila di Jepang sekarang harga satu bungkus rokok berkisar antara JPY 300-450 (Rp 35 ribu - 52 ribuan), rumah ini hanya dijual dengan harga JPY 1 (Rp 116).

Setelah beberapa hari dibuka, ternyata harga tertinggi dari rumah tersebut melonjak menjadi JPY 11 (Rp 1.284). Tentunya jangan salah sangka dulu, karena yang dilelang ini adalah rumahnya saja tidak beserta tanahnya. Kini pengumuman lelang tersebut sudah tidak ada lagi di Auctions Yahoo!Japan, kemungkinan rumah tersebut sudah laku.

5. Bumi
 Ini adalah 'barang' teraneh yang pernah dilelang di Auctions Yahoo!Japan. Bayangkan saja, seseorang yang mengatakan bahwa bumi adalah miliknya yang diperoleh dari Tuhan melalui mimpinya. Karena tidak ingin mengurus planet ini, maka 'sang pemilik' bumi melelangnya di Auctions Yahoo!Japan.

Dia membuka harga pertama sebesar JPY 69 (RP 8 ribuan)dan setelah menunggu beberapa hari, penawar tertinggi sudah mencapai JPY 216.000 (RP 25 juta lebih). Dalam peraturannya, setelah mendapatkan harga tertinggi, sang pemenang lelang tidak dapat menarik kembali uangnya atau tidak dapat mengembalikan barang yang telah dia menangkan. Ada-ada saja.

Sumber

Tahukah Kamu?
 Pria kehilangan 40 helai rambut tiap hari. wanita 70 helai.