5 Bangunan Peninggalan Suku Maya

Suku maya meninggalakan sejuta misteri terutama ramalan kiamat yang jatuh pada tanggal 21 Desember 2012. Keberadan suku maya juga tidak lepas dari beberapa bangunan yang masih ada hinga kini bangunan bangunan peningalan suku maya ini membuktikan kejayan suku maya di masanya nah kamu mau tahu bangunan peninggalan suku maya apa aja yang masih ada hinga kini simak 5 Bangunan Peningalan Suku Maya  berikut ini.

1. Chichen Itza
Bangunan Chichen Itza terletak di Meksiko bangunan ini dibangun pada abad 800 SM. Piramida Kukulcan di kompleks situs bersejarah ini dipercaya sebagai pusat kegiatan politik dan ekonomi peradaban bangsa Maya yang terletak di Semenanjung Yucatan (kini wilayah Meksiko). Itza merupkan titik sentral kompleks bangunan lainnya seperti Piramida Kukulcan, Candi Chac Mool, dan bangunan Seribu Tiang.

2. Tikal
Tikal  adalah salah satu situs arkeologi terbesar dan pusat kota dari Peradaban Maya pra-Columbus. Situs ini terletak di wilayah arkeologikal Petén Basin yang saat ini menjadi utara Guatemala. Terletak di Departemen El Petén pada kordinat 17°13′19″N 89°37′22″WKoordinat: 17°13′19″N 89°37′22″W, situs ini adalah bagian dari Taman Nasional Tikal dan pada tahun 1979 dideklarasikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Perumahan terdekat terletak di Flores dan Santa Elena, kira-kira 64 kilometer mengendarai mobil ke baratdaya.

3. Cahal Pech
 Cahal Pech adalah situs Maya yang paling menakjubkan yang terletak di negara Belize. hal yang paling mengesankan dari tempat ini adalah situs ini dibangun diatas bukit yang berhadapan dengan dua kota penting Belize yaitu Santa Elena dan San Ignacio.

Meskipun situs hanya mencakup sedikitnya 30 struktur sejauh ini.Namun panorama lingkungan serta dua hektar cakal Pech juga membuat tempat ini memberi kesulitan tersendiri untuk berkunjung ditempat ini.

4. Altun Ha
Altun Ha merupakan bekas bangunan Maya kuno yang terkanal bangunan ini terletak di di Belize District sekitar 30 mil (50 km) sebelah utara dari Belize City dan sekitar 6 mil (10 km) barat pantai Laut Karibia. Situs ini meliputi area seluas sekitar 5 mil (8 km) persegi. Yang menjadi daya tarik Altun Ha adalah Kepala Jade. Kepala Jade adalah objek terbesar yang diukir bangsa maya yang merupakan salah satu dewa utama mereka yakni Kinich Ahua (dewa matahari).

5. Palengue
Palenque adalah situs arkeologi Maya di dekat Sungai Usumacinta di negara bagian Chiapas, Meksiko, terletak 130 km sebelah selatan Ciudad del Carmen. Bangunan ini dibangun di dalam hutan yang lebat, namun situs ini memiliki arsitektur yang canggih dan halus yang berisi informasi tentang pengetahuan dan sejarah Maya. tempat yang wajib dikunjungi disitus ini adalah makam Raja Pakal, Kuil Salib Foriated dan Kuil Prasasti.

Sumber : palingseru.com